Anime

  • Author
  • Mangaka
  • CG-Maker

Tuesday, September 20, 2016

Desain Pemodelan Grafik

(Source:http://cdn.skilledup.com/wp-content/uploads/2014/11/graphic-design-tools-Feature)

Nama :Mirza M Fahrezi
Kelas : 3IA22
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik
Dosen :Syefani Rahma Deski 

Sejarah Perkambangan Desain Pemodelan Grafis
        Desain sebetulnya sudah ada dari kehidupan manusia pada jaman purba. Pelacakan perjalanan sejarah desain grafis dapat kira lacak dari peninggalan manusia dalam bentuk lambang-lambang (simbol) yang berwujud pictograf atau ideograf
        Berjalan seiring waktu berlalu, perkembangan di dunia desain menjadi hal yang sangat popular. Ketika saat mesin cetak ditemukan oleh Johaannes Gutenberg (1398-1468). Mesin cetak ini bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai desain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur. Penemuan ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah, dan menjadi bagian dari ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali eropa.
        Tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu oleh Peter Schoffer ia mencetak “Latin Bible” atau disebut “Guterberg Bible”, “Mararin Bible” atau “42 line Bible” yang diselesaikanya pada tahun 1456. Temuan Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman terutama untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak huruf (tipografi). Ilustrasi pada masa itu cenderung realis dan tidak banyak icon. Seniman besarnya antara lain Lucas Cranach dengan karyanya “Where of Babilon”.
        Pada perkembangan berikutnya, Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi. Berbeda dengan mesin cetak Guterberg yang memanfaatkan teknik cetak tinggi, teknik cetak lithografi menggunakan teknik cetak datar yang memanfaatkan prinsip saling tolak antara air dengan minyak. Nama lithografi tersebut dari master cetak yang menggunakan media batu litho. Teknik ini memungkinkan untuk melakukan penggambaran secara lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran besar, juga memungkinkan dilakukannya pemisahan warna. Sehingga masa ini mendukung pesatnya perkembangan seni poster. Masa keemasan ini disebu-sebut sebagai “The Golden Age of The Poster”.

Pengertian Desain Pemodelan Grafis 
  • Desain

          Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.
  • Model

          Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis.
  • Grafik

          Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.


Prinsip dan Unsur Desain Grafis

Prinsip dari sebuah Desain Grafis memiliki :
  • Kesederhanaan karena disarankan untuk  menggunakan prinsip ini sangat dalam pekerjaan deasin
  • Keseimbangan  menggabungkan elemen yang digunakan dalam desain dengan bobot yang sama rata
  • Kesatuan sama seperti kesimbangan yaitu menggabungkan semua elemen dalam desain agar menjadi satu
  • Penekanan (aksentuasi) untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
  • Irama (repetisi) selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama.

Unsur dari sebuah Desain Grafik memiliki :
  • Garis (Line) desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk
  • Bentuk (Shape) adalah bentuk yang memiliki panjang , lebar, diameter. yaitu berupa bangun datar atau pun bangun ruang.
  • Tekstur (Texture) adalah sebuah permukaan dari desain yang dinilai dengan cara di raba  ataupun di lihat
  • Ukuran (Size) merupakan unsur yang menilai bahwa desain itu besar ataupun kecil
  • Warna (Color) unsur penting dalam sebuah desain,dikarenakan warna ini menampilkan identitas dari sebuah hasil maha karya

Sumber : 
  • http://irvan-bloger-sejati.blogspot.co.id/2015/10/desain-pemodelan-grafik.html
  • https://bayudwiarta.wordpress.com/2015/11/13/desain-permodelan-grafis-dan-prinsip-unsur-desain-grafis/


No comments:

Post a Comment